Restoran

Hubungi kami untuk survey hygiene di 0 8001 333 777  atau isi form online

Rekomendasi kebersihan untuk restoran

Sama hal nya dengan menciptakan lingkungan yang menyenangkan dimana pelanggan Anda dapat menikmati bersantap di restoran Anda, kebersihan yang baik untuk bisnis makanan dan minuman sangat penting untuk meminimalkan risiko kontaminasi silang dan menjamin keamanan pangan bagi pelanggan sambil memenuhi tuntutan peraturan yang semakin meningkat.

Prinsip HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point) membantu bisnis restoran Anda untuk mengenal prosedur dan memastikan bahwa makanan yang disajikan telah aman untuk dikonsumsi. Menentukan titik kontrol kritis dimana bahaya dapat dicegah dan dihilangkan pada bisnis restoran Anda sangatlah penting. Berikut ini adalah beberapa titik kontrol kritis pada area restoran yang penting untuk Anda pertimbangkan.

Kebersihan tangan

Tangan yang terkontaminasi merupakan faktor utama penyakit bawaan makanan. CDC memperkirakan bahwa hingga 40% kasus mungkin terkait dengan kebersihan tangan yang buruk. Tangan dapat membawa dan menularkan patogen berbahaya seperti norovirus, mereka juga mengambil organisme transien seperti salmonella dari usus setelah menggunakan toilet. Selama persiapan makanan, tangan menyentuh berbagai permukaan, makanan dan peralatan yang mungkin terkontaminasi dan ini dapat menjadi faktor utama dalam kontaminasi silang yang mengakibatkan kontaminasi pada makanan.

  • Latih staf dengan prosedur mencuci tangan yang baik dan benar, serta memberikan kebijakan untuk penggunaan sarung tangan guna meminimalkan penyebaran kuman dari tangan ke makanan yang sedang diolah.
  • Menyediakan fasilitas mencuci tangan dan pengeringan tangan yang memadai di berbagai titik untuk meminimalkan risiko kontaminasi silang.
  • Sanitiser tangan dapat ditempatkan area penerimaan tamu, di luar kamar kecil atau pintu masuk dapur untuk kebersihan tangan yang optimal.

Dapur / area persiapan pangan

Studi menunjukan bahwa tingkat toleransi bakteri di beberapa food court hingga 1000 kali. Area persiapan makanan atau dapur menyediakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk berkembang biak dan menyebar jika praktik kebersihan yang tidak baik tidak dilakukan. Meminimalkan risiko kontaminasi silang dan penyebaran bakteri dengan memastikan bahwa kebersihan dan keamanan makanan yang tepat merupakan elemen penting dalam memastikan kesejahteraan staf dan pelanggan.

  • Dapur merupakan area dimana terdapat pemakaian air yang tinggi, dan dengan tingkat akumulasi kotoran dan minyak yang tinggi, lantai di dalam dapur bisa saja menjadi licin dan berlendir seiring dengan berjalannya waktu. Jika hal ini terjadi, maka Anda menempatkan staf dapur Anda pada situasi yang berisiko tinggi dalam mengalami kecelakaan seperti tergelincir dan terjatuh. Lindungi keaman staf Anda dengan meletakan keset anti selip di beberapa titik strategis di dalam dapur
  • Latih staf dengan prosedur mencuci tangan yang baik dan benar, serta memberikan kebijakan untuk penggunaan sarung tangan guna meminimalkan penyebaran kuman dari tangan ke makanan yang sedang diolah.
  • Memastikan bahwa semua staf yang menangani proses pengolahan makanan di dalam dapur telah memenuhi standar kebersihan yang ada. Patogen seperti norovirus mudah menyebar dan memiliki dosis infektif rendah - yang berarti sangat sedikit organisme yang dibutuhkan untuk menyebabkan penyakit.

Pintu masuk

Penilaian pertama yang sering dilakukan pelanggan sebelum memustukan untuk bersantap di tempat Anda adalah melalui pilihan menu makanan yang restoran Anda tawarkan atau menilai tibkat kebersihan restoran Anda melalui area pintu masuk restoran Anda. Dengan memastikan area pintu masuk restoran Anda selalu dalam keadaan yang bersih, Anda akan dengan mudah mengundang pelanggan untuk datang dan bersantap di restoran Anda.

  • Sambut tamu Anda dengan keset lantai. Karena ini tidak hanya meningkatkan citra merek restoran Anda, tetapi juga meningkatkan kepercayaan akan standar kebersihan, kesehatan dan keselamatan yang Anda hadirkan di antara pengunjung Anda. Pemasangan keset lantai, juga membantu menjaga kebersihan restoran Anda, dengan memaksimalkan keset untuk menyerap debu dan kotoran yang terbawa dari sepatu.
  • Berikan nilai tambah kepada pengunjung dan karyawan restoran Anda dengan menempatkan sanitiser tangan di akses pintu masuk untuk menghadirkan kebersihan tangan yang optimal.
  • Memilih keset lantai yang tepat untuk menyerap debu, kotoran dan air sehingga tidak terbawa masuk ke area makan restoran Anda.
  • Tingkatkan pengalaman bersantap tamu Anda dengan menciptakan kesan positif pada suasana melalui wewangian yang mengundang dan menyegarkan.

Toilet

Standar toilet dalam sebuah restoran dapat secara langsung mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap kebersihan dapur. Itu sebabnya mengapa toilet yang bersih berpengaruh 91% terhadap kepercayaan pelanggan terhadap kualitas makanan dan minuman yang disajikan. Menyediakan fasilitas toilet yang memadai dapat membantu meminimalkan risiko patogen berbahaya menyebar dan masuk ke area persiapan makanan atau dapur.

  • Pastikan toilet restoran Anda bersih dan dilengkapi dengan fasilitas kebersihan yang terpadu seperti dispenser sabun dan pengering tangan.
  • Jaga agar toilet restoran Anda tetap beraroma segar dan menyenangkan dengan memasang solusi pengharum ruangan, atau pertimbangkan solusi Premium Scenting untuk menciptakan dimensi lain di toilet Anda.
  • Tahukah Anda? Dalam setiap proses pembilasan kloset, terjadi sebuah 'efek bersin' yang mengakibatkan bakteri terbang ke udara. Bakteri tersebut dapat menutupi seluruh lingkungan toilet Anda dalam waktu kurang dari satu menit dan bertahan hingga 24 jam. Pastikan Anda memiliki pembersih dudukan toilet yang dipasang di setiap bilik untuk mengurangi risiko kontaminasi.