150808 Hubungi kami Request untuk kami hubungi kembali

Scent marketing 101: aroma yang tepat untuk pemasaran yang jitu

 

Penggunaan aroma yang tepat telah menjadi strategi pemasan yang jitu dan seringkali digunakan oleh banyak kalangan bisnis di industri ritel, rekreasi dan perhotelan untuk meningkatkan pesona merek dan pengalaman pengunjung. Walaupun demikian, belum banyak bisnis yang sepenuhnya memahami kemampuan scent marketing dalam menciptakan wewangian yang tepat serta dimana lokasi yang tepat untuk memancarkan wewangian tersebut.

Shopping

Ada beberapa manfaat fungsional dan keuntungan dalam menggunakan scenting pada sebuah lingkungan, misalnya:

1. Terbukti ampuh untuk melawan bau tak sedap

Salah satu manfaat fungsional penggunaan scenting adalah untuk melawan bau tak sedap. Menempatkan scenting di berbagai lokasi, terbukti ampuh dalam melawan bau tak sedap dan membantu menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan menyenangkan bagi pengunjung. Meskipun scenting membantu bertindak sebagai penetralisir bau tak sedap, penggunaan scenting juga harus didukung dengan kegiatan-kegiatan yang mampu mengatasi akar permasalahan bau tak sedap itu sendiri.

Beberapa alasan bau tak sedap yang sering muncul misalnya berasal dari toilet. Saluran air yang tersumbat pada kloset atau urinal toilet, seringkali menjadi penyebab bau tak sedap muncul ke permukaan. Masalah seperti ini dapat diatasi dengan penggunaan sanitiser toilet dan urinal yang bekerja secara otomatis membersihkan penumpukan kerak dan membersihkan pipa toilet dalam setiap pembilasan.

2. Menciptakan suasana yang menyenangkan dan meningkatkan pengalaman pengunjung

Selain menciptakan suasana yang menyenangkan, penggunaan scenting juga terbukti dapat membangkitkan suasana hati yang positif. Dampak emosional dari suasana hati yang positif dipercaya mampu membentuk bagian dalam memori manusia yang berimplikasi pada terbentuknya pengalaman dari layanan kualitas yang diberikan kepada pengunjung.

3. Menghilangkan ketegangan dan tekanan

Pada beberapa lingkungan yang mengharuskan pengunjung atau pengguna akhir harus berhadapan dengan ketegangan dan tekanan, seperti pada institusi pendidikan, lingkungan kerja atau klinik gigi – penggunaan scenting mampu memancarkan efek menenangkan dan meringakan ketegangan saraf pada manusia.

4. Dapat dimanfaatkan diberbagai tempat dan ruangan

Sebuah studi ahli mengungkapkan bahwa ada berbagai lokasi scenting yang terbukti efektif dan cocok untuk penggunaan scenting terlepas dari jenis atau tipe bisnis Anda, seperti:

  • Lobby
  • Area resepsionis / concierge
  • Area lift
  • Ruang meeting / ruang serbaguna
  • Club lounge - Kamar tamu
  • Pantry
  • Ruang kerja
  • Toilet
  • Jalan umum (area pintu masuk dan lorong)

Mengapa perlu menggunakan scenting pada area lobby?

Lobby pada bangunan Anda mungkin menjadi kontak pertama antara Anda dan tamu. Lobby dengan aroma yang menyenangkan, mampu memancarkan sambutan yang hangat bagi setiap tamu Anda. Kesempatan inilah yang harus betul-betul pemilik hotel manfaatkan! Para tamu umumnya membawa dampak emosional positif dari aroma yang Anda tawarkan, dan aroma ini akan dengan mudah tersimpan di memori tamu Anda sepanjang hari. Pada akhirnya, apa yang ingin Anda capai adalah agar para tamu memperpanjang durasi berkunjung dan mengembangkan hubungan positif dengan merek hotel Anda sesering mungkin.

Mengapa perlu menggunakan scenting pada event-event besar?

Event-event besar seperti pameran otomotif atau bazaar bisa menjadi kesempatan emas bagi merek Anda untuk tampil berbeda dan menjalin interaksi secara langsung dengan konsumen. Aroma scenting memiliki potensi untuk menciptakan dimensi tambahan pada merek Anda, yang dipercaya mampu mempengaruhi perilaku pelanggan, seperti meningkatnya minat membeli dan keterlibatan pelanggan secara langsung dengan merek Anda!

Mengapa perlu menggunakan scenting pada toilet?

Rata-rata orang membuat sebuah penilaian awal sekitar 90 detik. Toilet kini telah berevolusi dari sekedar ruang fungsional ke ruang dengan gaya hidup. Banyak manajemen fasilitas di sektor perkantoran dan ritel menempatkan estitika toilet untuk meningkatkan pengalaman bagi penggunanya. Oleh karena itu, bau tak sedap seperti bau busuk dan pesing yang sering timbul dari toilet tentu akan sangat tidak disukai oleh para pengguna toilet Anda.  Disinilah penggunaan scenting pada toilet sangat memungkinkan untuk setiap manajemen fasilitas meningkatkan kualitas udara lingkungan toilet yang bersih dan hygiene kepada pengguna.

Sebagai ahli dalam layanan hygiene yang professional untuk toilet dan tempat kerja Anda, Calmic Indonesia menawarkan trial scenting gratis untuk bisnis Anda dapat miliki hari ini. Cari tahu juga informasi lengkap mengenai pilihan aroma scenting yang kami Calmic tawarkan untuk Anda!