© 2025 Rentokil Initial plc dan tunduk pada syarat dan ketentuan yang dituangkan dalam pernyataan hukum.
Meningkatnya aktivitas media sosial dan pemasaran melalui influencer pada platform digital, berpengaruh pada meningkatnya keinginan pengguna untuk berbagi pengalaman positif dan negatif di media sosial.
Ulasan, rating dan masukan pelanggan yang semakin mudah untuk diakses publik memiliki peran yang penting dalam membangun kesan positif terhadap sebuah merek atau bisnis. Oleh karenanya, ketika bisnis Anda memutuskan untuk memulai pemasaran lewat media digital maka tanpa diragukan lagi apabila bisnis Anda akan dengan mudah menjadi sorotan publik setiap saat tanpa pernah Anda sadari.
Berikut adalah beberapa krisis media sosial yang mungkin terjadi apabila toilet Anda memiliki tingkat kebersihan yang buruk bagi penggunanya.
1. Toilet Anda yang jorok akan dengan mudah terlihat di Facebook dan Instagram
Kemampuan fitur location tagging pada media sosial seperti Facebook dan Instagram mempermudah pengguna akun media sosial mengetahui dimana Anda mengambil foto tersebut.
Selain itu, aktivitias posting menggunakan hashtag atau tagar dengan mudah dan cepat mendistribusi konten kepada seluruh pengguna media sosial sepanjang hari. Gambar berbicara lebih lantang dibandingkan dengan kata-kata, dan ini menjadi risiko tersendiri di media sosial bagi toilet yang kotor dan tidak sedap dipandang oleh para pengguna.
2. Merek Anda mendapatkan rating yang buruk di situs review
Yelp, TripAdvisor, Google Review atau Facebook Review adalah beberapa situs yang mempublikasikan secara publik bagaimana pelanggan dan pengguna menilai merek dan layanan Anda pada pencarian online.
Keadaan tentu semakin memburuk untuk bisnis Anda ketika ulasan dan komentar negatif pelanggan terhadap pengalaman tidak menyenangkan mereka di toilet Anda yang jorok di tampilkan pada situs-situs tersebut.
3. Berita online Anda dilaporkan beredar di Media Sosial
Wartawan dan jurnalis digital selalu mencari sudut berita dan konten baru – ini juga dapat mencakup kritik terhadap standar kebersihan toilet Anda. Karena pengguna kini semakin menuntut standar kebersihan dan fasilitas toilet yang baik, berita buruk terhadap kebersihan toilet Anda dapat tersebar secara viral.
4. Komplain dan komen negatif yang dibahas di forum online atau blog
Ada banyak platform yang memfasilitasi penggunanya untuk terlibat dalam diskusi dan pertukaran pengalaman secara online. Diskusi pengguna yang membahas pengalaman negatif cenderung cukup cepat dan menarik lebih banyak perhatian daripada yang positif.
Untuk situs forum yang dioptimalkan, merek Anda mungkin berisiko ditelusuri melalui tautan-tautan negatif, bahkan muncul di halaman teratas pencarian Google.
Pastikan toilet Anda memiliki standar kebersihan yang memadai dan berikanlah pengalaman yang baik bagi pengguna toilet Anda. Pastikan toilet Anda beraroma baik dan memiliki nuansa segar – terutama pada toilet-toilet dengan tingkat okupansi yang tinggi.
Cegah bau tak sedap yang berasal dari toilet dengan menyediakan fasilitas kebersihan toilet yang memadai seperti sanitiser toilet & urinal, pembersih dudukan toilet dan unit pembuangan limbah pembalut dengan sensor anti sentuh. Yang terpenting dari semuanya, Anda juga harus mendorong kebiasaan mencuci tangan yang baik diantara pengguna toilet dengan menyediakan fasilitas dispenser sabun tangan dan sanitiser tangan.