virus corona di indonesia

Virus corona alert

Hubungi kami untuk survey hygiene di 0 8001 333 777  atau isi form online

Informasi penting seputar virus corona

Pada akhir Desember 2019, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendapatkan laporan munculnya beberapa kasus radang paru-paru di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina. Virus ini kemudian teridentifikasi sebagai virus corona baru yang disebut sebagai COVID-19 (sebelumnya disebut 2019-nCOV), yang merupakan bagian dari keluarga virus corona yang mencakup flu biasa, serta virus SARS dan MERS.

Pada akhir Januari, dilaporkan bahwa lebih dari 7,000 orang telah terjangkit virus corona - hingga akhirnya pada 12 Maret virus ini dinyatakan sebagai pandemi oleh WHO. Di awal May, jumlah kasus virus corona telah menembus angka 3,845,607 di 212 negara di seluruh dunia, dan di Indonesia sendiri kasus virus corona telah mencapai angka 12,776 di awal bulan May 2020.

Apa yang dimaksud dengan pandemi novel Coronavirus?

Risiko penularan novel Coronavirus (COVID-19) sekarang telah dianggap sebagai wabah penyakit  global atau dikenal dengan istilah pandemi. Pemerintah di seluruh dunia kini gencar menerapkan pedoman untuk membatasi pergerakan orang dan mendorong physical distancing yang meskipun berat untuk dilakukan, namun sangat diperlukan untuk meminimalisir penularan virus dan melindungi kesehatan masyarakat luas.

Apa yang kami lakukan untuk pelanggan?

Sebagai organisasi yang bertanggung jawab dan berkomitmen untuk melindungi kesehatan setiap orang atau individu, kami akan memantau situasi dengan cermat dan memberikan pembaruan informatif kepada pelanggan kami baik melalui situs web ataupun komunikasi langsung dengan pelanggan kami.

Kami ingin meyakinkan Anda bahwa setiap kolega kami tidak akan menimbulkan risiko tambahan bagi pelanggan atau karyawan Anda, sebagai hasil dari tindakan dan pelatihan yang kami lakukan untuk memastikan bahwa layanan yang kami berikan akan tetap aman dan berkualitas tinggi. Semantara itu kami juga akan mematuhi instruksi pemerintah daerah dan pusat, serta lebih peka terhadap persyaratan kesehatan dan keselamatan pelanggan.

Kami juga akan memberikan informasi secara berkelanjutan, mengenai apa yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi potensi risiko penularan virus di lokasi Anda.

Apakah terjadi perubahan pada tingkat layanan saya miliki?

Kesehatan dan keselamatan kolega serta pelanggan kami adalah hal yang terpenting bagi bisnis kami, dan kami tidak akan menawarkan layanan kami kecuali kami yakin hal tersebut aman untuk dilakukan. Kami bertujuan untuk meminimalkan gangguan dari penyebaran virus, namun demikian ada beberapa batasan yang kami tekankan untuk alasan keamanan dan keselamatan:

  1. Bisnis Rentokil Initial tidak akan melakukan jenis layanan apapun di ruang perawatan medis atau area karantina yang digunakan untuk perawatan pasien yang telah mengalami COVID-19 kecuali mereka secara khusus telah dilatih untuk melakukannya.
  2. Bisnis kami menyediakan layanan desinfeksi yang akan dikerjakan oleh teknisi ahli yang terlatih dalam bidang biohazard atau zat yang berasal dari organisme yang mungkin berpotensi untuk menimbulkan ancaman bagi kesehatan manusia. Layanan desinfeksi dapat diizinkan untuk dijalankan apabila dikerjakan di tempat atau daerah yang tidak berpotensi terkena dampak dan segala risiko lainnya - kecuali sudah dipertimbangkan secara matang dan menyeluruh, ini termasuk:
    1. Ruang perawatan medis atau area karantina yang digunakan untuk perawatan pasien yang mengalami infeksi COVID-19.
    2. Setiap tempat atau kendaraan yang telah dikarantina karena adanya pasien yang diduga COVID-19.

Apa yang kami lakukan untuk karyawan?

Untuk memastikan kami memberikan respons yang cepat dan proporsional, kami telah membentuk tim pusat yang berdedikasi untuk memantau situasi global dan menyusun rencana terkait wabah virus corona. Fase awal dari rencana ini terdiri dari pemberian instruksi dan panduan untuk tim kepemimpinan di setiap negara, dan memastikan semua kolega di seluruh dunia menerima pengarahan secara menyeluruh.

Setiap informasi yang kami dapatkan akan dinilai secara berkelanjutan agar kami dapat memastikan bahwa karyawan kami selalu terlindungi, di samping memenuhi kewajiban kami untuk tetap dapat memberikan informasi dan perkembangan terkini kepada pelanggan kami.

Di setiap negara, tim manajemen, kesehatan dan keselamatan (SHE), dan manajer SDM akan terus memantau instruksi dari pemerintah daerah dan pusat, serta rekomendasi terkini dari WHO dan CDC.

Di negara dengan wabah virus corona yang aktif, kami melakukan penilaian risiko dan akan  menerapkan langkah-langkah pengendalian risiko untuk memastikan bahwa kami dapat mencegah setiap risiko infeksi yang mungkin terjadi pada setiap kolega kami, membantu melindungi mereka dan juga pelanggan yang berhubungan dengan mereka, ini meliputi:

  • Meningkatkan pasokan dan penggunaan APD, terutama masker wajah N95 dan FFP3.
  • Mengeluarkan informasi terkait larangan terkait perjalanan dinas.
  • Melakukan pembatasan terhadap pengunjung dari area yang terkena dampak.
  • Melakukan karantina bagi rekan-rekan yang menunjukkan gejala setelah bepergian ke area yang terinfeksi atau terpapar dengan orang yang terinfeksi.

Di negara-negara dengan angka kasus nol atau jumlah kecil, kami akan terus melakukan kegiatan kerja rutin dengan mengikuti praktek standar aman dalam bekerja, termasuk:

  • Mempraktikkan kebersihan tangan yang baik dan teratur menggunakan sabun dan air, memastikan tangan benar-benar kering dan menerapkan solusi pembersih tangan berbasis alkohol - yang sangat penting ketika bepergian atau bekerja di daerah padat penduduk.
  • Menggunakan APD lengkap dan sesuai standar untuk setiap pekerjaan yang dilakukan.
  • Memastikan bahwa rekan kami yang memiliki luka dan lecet dirawat dengan cara yang bersih, dan ditutupi dengan penutup luka anti air.

Saran perjalanan umum untuk karyawan

Untuk kolega yang harus melakukan perjalanan antar kawasan global, kami telah menerapkan instruksi perhentian sementara untuk negara-negara dengan kasus tinggi wabah COVID-19. Situasi ini akan terus dimonitor dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan.

Physical distancing

Kami menerapkan jaga jarak fisik atau physical distancing di banyak lokasi kantor guna membatasi kontak dengan individu yang berpotensi terinfeksi. Kami juga memastikan bahwa fungsi inti kantor tetap berjalan untuk dapat melayani pelanggan kami tanpa menempatkan rekan kerja lain dalam risiko.

Adanya kasus yang dicurigai

Apabila terdapat rekan kerja kami mengalami demam atau gejala penyakit pernapasan dalam waktu 14 hari setelah melakukan perjalanan, atau jika mereka memiliki kontak dekat dengan seseorang yang menunjukkan gejala, mereka secara otomatis diperintahkan untuk tetap berada di rumah dan segera mencari nasihat dari pelayanan kesehatan profesional.

Informasi lebih lanjut

Informasi lebih lanjut akan diberikan melalui pembaruan rutin di halaman ini. Kunjungi halaman ini secara rutin atau tandai halaman ini untuk mengetahui setiap pembaharuan yang ada. Anda juga dapat mengakses informasi dan rekomendasi terkini terkait COVID-19 dari situs-situs terpercaya dibawah ini: