Sekolah & institusi pendidikan

Hubungi kami untuk survey hygiene di 0 8001 333 777  atau isi form online

Rekomendasi kebersihan yang baik untuk sekolah dan institusi pendidikan

Mengajar anak-anak untuk memahami pentingnya kebersihan merupakan bagian penting dari pendidikan mereka. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kurang berkembang, infeksi lebih mudah untuk terjadi. Lingkungan sekolah dapat sering terganggu oleh penyebaran penyakit menular seperti Influenza, Norovirus dan Escherichia coli (E. Coli). Disinilah kebersihan tangan sangat membantu mengurangi penyebaran kuman.

Penelitian menunjukkan bahwa mencuci tangan dengan cara yang tidak tepat dapat menganggu kesehatan siswa dan staf Anda. Ini karena mencuci tangan adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan diri Anda tidak mudah tertular penyakit.

Mengadopsi kebiasaan hygiene yang baik di toilet

Memperbaiki kondisi toilet sekolah dan menyediakan fasilitas yang memadai untuk mendukung kebiasaan mencuci tangan dan sikap positif pada siswa Anda. Tindakan sederhana seperti mencuci tangan dapat mengurangi risiko sakit perut hingga 47%. Ketahui beberapa titik area dimana terdapat banyak bakteri dan kuman di dalam toilet, ini termasuk tombol pembilas, gagang pintu bilik toilet dan area di sekitar wastafel.

  • Memanfaakan kekuatan psikologi warna di seluruh toilet untuk meningkatkan suasana hati dan mendorong sikap positif terhadap proses belajar mengajar bagi siswa. Jadikan toilet sekolah Anda lebih berwarna untuk siswa Anda dengan pilihan warna merah, hijau, biru atau bahkan merah muda yang cerah.
  • Pencucian dan pengeringan tangan yang efektif sangat penting untuk menghentikan penyebaran kuman. Pastikan terdapat dispenser sabun tangan dan pengeringan tangan telah tersedia di lingkungan toilet untuk kebutuhan hygiene yang optimal dan meminimalkan kontak silang.
  • Menyediakan panduan mencuci tangan yang baik dan benar kepada siswa di dalam toilet untuk mempromosikan praktik kebersihan yang baik

Citra merek dimulai tepat didepan pintu Anda

Area penerimaan dan gerbang utama harus menciptakan kesan pertama yang positif bagi siswa, orang tua murid dan pengunjung. Buatlah kesan positif yang akan mencerminkan standar kebersihan sekolah Anda.

  • Area penerimaan dan gerbang utama sekolah merupakan area dengan lalu lintas yang tinggi khususnya pada siang hari. 80% kotoran didalam gedung sering terbawa masuk kedalam sekolah melalui sepatu. Memberikan perawatan lantai berkualitas dengan menempatkan keset lantai pada gerbang utama sekolah tidak hanya membantu menjaga agar permukaan lantai Anda tetap bersih dan kering, namun juga meningkatkan citra sekolah dimata siswa, staf dan orang tua murid. Kesehatan dan keselamatan para siswa juga tidak terganggu dengan meminimalkan risiko tergelincir dan terjatuh.
  • Pastikan rutinitas pembersihan dengan fokus pada area dengan tingkat okupansi yang tinggi di dalam area sekolah.

Mempraktikkan kebersihan dan keamanan pangan di kantin

Kebersihan dan keamanan makanan sangat penting untuk memastikan kesejahteraan anak-anak dan mempertahankan standar pendidikan - menjaga agar staf dan siswa tetap aman dari penyakit bawaan makanan.

  • Latih staf dengan prosedur mencuci tangan yang baik dan benar, serta menciptakan kebijakan penggunaan sarung tangan untuk meminimalkan penyebaran kuman dari tangan ke makanan.
  • Pastikan fasilitas cuci tangan yang memadai dengan menyediakan sabun tangan, dispenser tisu tangan dan pengering tangan di area kantin dan dapur. Untuk kebersihan tangan yang optimal, tawarkan sanitiser tangan untuk staf dan siswa Anda.
  • Membersihkan daerah persiapan makanan atau dapur dan area kantin dengan rutin untuk mengurangi risiko kontaminasi silang.

Menyediakan lingkungan belajar yang aman dan menyenangkan

  • Kelas yang tidak bersih menciptakan tempat berkembang biak bagi bakteri berbahaya yang dapat mempengaruhi kesehatan siswa dan staf.
  • Memasukkan pendidikan kebersihan kedalam kurikulum untuk dapat meningkatkan standar kebersihan. Dapatkan materi pendidikan dan tips kebersihan dari Calmic.
  • Gagang pintu adalah titik yang biasanya sering diabaikan saat proses pembersihan. Pastikan program pembersihan yang baik dan berikan akses ke sanitiser tangan untuk meminimalkan risiko kontaminasi silang.

Ruang komputer

Sebuah studi dari Calmic menunjukan bahwa rata-rata mouse komputer menjadi tempat lebih dari tiga kali tingkat kontaminasi yang berkaitan dengan bakteri dibandingkan dengan rata-rata jumlah bakteri pada dudukan toilet.

  • Keyboard komputer merupakan tempat dari ribuan mikroba. Dorong siswa untuk membersihkan area meja komputer secara rutin dan teratur guna mencegah kontaminasi silang.
  • Melakukan pembersihan pada perangkat komputer dengan teratur, karena banyak orang yang akan bersentuhan dengan perangkat komputer. Untuk meminimalkan penyebaran bakteri dan kuman dari permukaan ke kontak tangan, selalu bersihkan tangan Anda dengan sanitiser tangan sebelum masuk atau keluar dari ruang komputer untuk perlindungan ekstra.