Manufaktur

Hubungi kami untuk survey hygiene di 0 8001 333 777  atau isi form online

Rekomendasi kebersihan untuk industri manufaktur

Setiap hari pekerja berpotensi terkena risiko dari kontaminan dan kondisi membahayakan kulit mereka, misalnya dari bahan-bahan industri seperti deterjen, bahan kimia, minyak mekanis, resin, cat dan bahkan dari kondisi panas dan dingin disekitar area manufaktur. Gangguan kulit pada pekerja, seperti eksim merupakan jenis penyakit kulit yang jarang di laporkan oleh pekerja dan menjadi 11,2% dari jenis penyakit yang paling sering terjadi pada pekerja industri manufaktur.

Kebersihan tangan yang baik sangat penting untuk diterapkan di sektor manufaktur untuk memastikan bahwa kesehatan pekerja menjadi prioritas utama sekaligus menjamin kualitas hasil produksi. Kebersihan tangan yang buruk akan berimplikasi pada gangguan penyakit kulit yang paling umum dialami oleh para pekerja, menurunkan tingkat produktivitas dan meningkatkan angka presentase pekerja yang sakit setiap tahunnya. Dengan adanya pekerja yang sakit didalam sebuah industri manufaktur, maka mereka dapat dengan mudah menyebarkan penyakit kepada pekerja lain, dan hal ini akan berdampak buruk pada reputasi bisnis karena secara tidak langsung perusahaan dianggap tidak mematuhi peraturan pemerintah untuk menjamin kesehatan dan keselamatan pekerjannya.

Diperkirakan sekitar 80% infeksi umum ditularkan melalui sentuhan. Maka penting bagi perusahaan manufaktur untuk menanamkan praktik kebersihan tangan yang baik.

Menyediakan fasilitas kebersihan yang memadai di toilet Anda

Toilet adalah ruang yang sering dikunjungi oleh pekerja Anda dan cenderung memiliki tingkat okupansi yang tinggi. Kebersihan toilet harus senantiasa dijaga, tidak hanya dalam kebersihan dasar tetapi juga dalam standar kebersihan secara keseluruhan untuk mencegah risiko kontaminasi silang dan penularan penyakit di antara pekerja dan pengguna. Meningkatnya keluhan dari toilet yang tidak nyaman dan bersih juga dapat mengurangi moral dan produktivitas pekerja Anda.

  • Melaksanakan jadwal pembersihan yang rutin dan ketat berdasarkan pemilihan waktu dengan tingkat okupansi yang tinggi untuk memastikan toilet tetap bersih dan layak untuk digunakan oleh pekerja dan pengunjung.
  • Memastikan toilet tetap bersih dengan melengkapi toilet dengan fasilitas kebersihan tangan dan pengeringan tangan.
  • Menjaga agar toilet tetap berbau segar dan menyenangkan dengan memasang solusi pengharum ruangan. Menggunakan solusi Premium Scenting untuk mengendalikan masalah bau tak sedap yang membandel, merupakan langkah yang tepat untuk meningkatkan kebersihan udara di toilet Anda
  • Tahukah Anda? Dalam setiap proses pembilasan kloset, terjadi sebuah 'efek bersin' yang mengakibatkan bakteri terbang ke udara. Bakteri tersebut dapat menutupi seluruh lingkungan toilet Anda dalam waktu kurang dari satu menit dan bertahan hingga 24 jam. Pastikan Anda memiliki pembersih dudukan toilet yang dipasang di setiap bilik untuk mengurangi risiko kontaminasi.
  • Jadikan pekerja wanita Anda merasa lebih diperhatikan dengan baik dengan menyediakan unit sensor otomatis feminine hygiene untuk solusi paling higienis dalam mencegah penyebaran kuman dengan meminimalkan kontak tangan dengan unit.

Menanamkan kebiasaan untuk mencuci tangan

Tahukah Anda? Satu tangan dapat memiliki lebih dari 200 juta bakteri dan kita dapat dengan mudah menularkan penyakit melalui kontak dekat dengan orang-orang dan kontak melalui tangan atau permukaan yang sudah terkontaminasi. Maka dari itu, mengadopsi kebiasaan dan kebersihan toilet yang baik adalah suatu keharusan.

  • Melatih pekerja Anda dengan prosedur mencuci tangan yang benar dan menerapkan kebijakan penggunaan sarung tangan untuk meminimalkan penyebaran kuman dari tangan ke makanan atau permukaan.
  • Pastikan fasilitas mencuci tangan yang memadai telah disediakan dengan baik di toilet Anda, ini termasuk sabun tangan, dispenser tisu tangan dan pengering tangan. Untuk kebersihan tangan yang optimal tawarkan sanitiser tangan untuk pekerja Anda.
  • Area tempat mencuci tangan bisa menjadi area yang sering basah dan licin akibat tumpahan atau percikan air saat proses mencuci tangan. Tempatkan keset anti selip untuk meningkatkan keselamatan pekerja dari risiko tergelincir dan terjatuh.

Menyambut pengunjung melalui pengalaman yang menyenangkan

Ketika pelanggan atau pemasok tiba di sebuah fasilitas, area resepsionis merupakan titik kontak pertama yang menjadi cerminan merek paling penting bagi perusahaan Anda. Pastikan mereka disambut ke lingkungan yang bersih dan higienis yang akan mencerminkan standar kebersihan fasilitas pabrik Anda.

  • Kotoran dan debu dapat terbawa oleh sepatu. Lingkungan skala besar seperti industri manufaktur memiliki tingkat okupansi yang tinggi dan memungkinkan terdapat kontaminasi yang lebih tinggi tepat di pintu masuk. Cegah pintu masuk yang tampak tidak sedap dipandang karena debu dan kotoran dengan keset pintu yang tepat, sehingga Anda dapat menyambut pengunjung Anda lebih baik lagi.
  • Sediakan sanitiser tangan di area resepsionis untuk membantu meningkatkan standar kebersihan tangan.
  • Tahukah Anda? Bahwa aroma dapat mengangkat suasana hati dan menciptakan pengalaman positif? Berikan pengunjung Anda kenyamanan ekstra dengan solusi Premium Scenting dan pilihlah berbagai wewangian sesuai dengan merek, kebutuhan dan preferensi bisnis Anda.

Pastikan keamanan pangan terpenuhi di kantin

Kuman dapat dengan mudah menyebar melalui penanganan dan konsumsi makanan. Memastikan kegiatan operasional yang efisien dalam industri manufaktur meliputi kesehatan, keselamatan kerja dan kesejahteraan umum para pekerja merupakan prioritas utama.

  • Beberapa bakteri atau kuman dapat menyebabkan gejala keracunan makanan termasuk Salmonella. Pastikan terdapat fasilitas mencuci tangan untuk meningkatkan kesadaran akan kebersihan tangan yang tepat di kantin.
  • Berikan nilai tambahan bagi pengguna dapur dan pelanggan kantin Anda dengan sanitiser tangan untuk mendapatkan standar kebersihan tangan yang optimal.
  • Dengan potensi tumpahan air dan kemungkinan terkena kotoran dan minyak, permukaannya bisa berubah menjadi licin dan meningkatkan risiko tergelincir dan terjatuh. Pastikan keset anti selip tersedia untuk melindungi keselamatan pekerja Anda.

Minimalkan keberadaan kuman dan bakteri di area produksi

Kuman dapat tetap berada di permukaan hingga 48 jam dan dapat meningkatkan risiko kontaminasi silang dari permukaan ke tangan. Pastikan pembersihan menyeluruh sudah dipraktikan di area pabrik dengan menghadirkan tempat mencuci tangan yang memadai untuk pekerja Anda.

  • Kebijakan untuk tidak mengkonsumi makanan atau minuman wajib diperkenalkan dan diterapkan di area produksi, penyimpanan dan pengemasan.
  • Manajemen pengelolaan limbah harus memastikan bahwa pembuangan limbah dilakukan secara teratur untuk meminimalkan risiko kemunculan hama di area pabrik.

Jangan abaikan kebersihan di area kerja dan ruang rapat

Sebuah studi baru-baru ini oleh Calmic menemukan bahwa 49% pekerja terkadang atau selalu makan di meja kerja mereka. Potensi kontaminasi silang akan menjadi tinggi karena kuman dari toilet disebarkan oleh tangan yang terkontaminasi dan dipindahkan ke meja kerja, peralatan kantor dan makanan.

  • Pastikan permukanaan meja dan stasiun kerja dibersihkan secara teratur. Meja kerja sering terbengkalai dan bisa meningkatkan keberadaan kuman dan risiko kontaminasi silang.
  • Membersihkan secara teratur semua permukaan untuk mengurangi risiko kontaminasi silang melalui kontak dengan makanan.
  • Memasang unit sanitiser tangan di lokasi dengan tingkat okupansi yang tinggi oleh pekerja Anda.
  • Memancarkan suasana yang bersih, segar dan menyenangkan melalui Premium Scenting, dapat membantu Anda untuk meningkatkan suasana hati, produktivitas dan kualitas pengalaman bekerja bagi pekerja Anda.